CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kan selalu kuingat ^_^

Sungguh Allah telah menjanjikan kemudahan dibalik kesulitan.

Sunday, March 23, 2014

AKU DAN KONDEKTUR BIS

BUS or bis, itu udah jaadi kendaraan andalanku untuk kemana-mana sejak kuliah ampe sekarang udah kerja. Kalo dihitung-hitung udah ampir 17 tahunan lah ngerasain naik-turun, ampe lari-larian ngejar bis. 

Udah banyak karakter supir dan kondektur yang aku temui. 

Tapi dari sekian ratus kali berinteraksi dengan kondektur ada 1 yang bikin aku kepikiran terus. 

Dia jaaaaaaahaaaaaaaaattttt banget ama aku tanpa aku tahu sebabnya. 

Dia ngata-ngatain aku, 
dia ketus ama aku, 
dia selalu marah-marah kalau aku nggak kasi uang pas saat bayar tiket dengan alasan " gak onok susuke" padahal jelas-jelas orang di depanku tadi dikasi kembalian. 

Dan kejadian ini nggak satu-dua kali. tapi berkali - kali.

Ampe karena traumanya, aku selalu pilih bis AC yang jelas-jelas bukan dia kondekturnya. 

Lebih baik telat daripada ketemu orang macam dia.

Hufftt....maunya maarah-marah, tapi....

aku tahu banget siapa aku kalau lagi marah. Kalau emosi udah memuncah, aku lebih banyak jadi menangis. 

Dan kalau aku menangis, alamat ucapanku jadi nggak jelas.

Nah, kalau marah-marah dengan ucapan nggak jelas, pastilah tak ada manfaatnya.

soooo.......kuputuskan, AKU DIAM saja sambil banyakin istighfar, sambil berdoa "moga2 nih orang dapat balasannya didamprat ama orang lain"

Hingga suatu saat, aku capek sendiri. Ketakutan setiap hari (secara naik bis setiap hari, otomatis deg2an jg tiap hari deh).
Dan terucaplah doa :
Permohonanku pada Allah agar tidak lagi mempertemukanku dengan kondektur itu selama pertemuan itu jadi keburukan buat kami berdua. Dan jikalau memang kami harus bertemu, aku mohon Allah lembutkan hatinya, hingga dia tidak lagi mengulang ucapan2 buruknya.

dan taraaaa..........
di pertemuan berikutnya Allah kabulkan doaku. Dia jadi baik banget ama aku. Aq kasi uang 5000 eh dia mau ngasi uang kembalian ke aku, dan saat aku mau turun bis dia bilang "hati-hati mbak". 
ya Allah, air mata meleleh. Berasa emaizing banget, Allah denger harapku, Allah sayang aku.

Aku tidak tahu apakah Allah kabulkan doaku yang pertama (yang minta supaya tuh kondektur dapat balasan setimpal) tapi yang aku tahu Allah kabulkan doaku yang kedua.

Pertemuan2 berikutnya aku jadi lebih tenang, dan tak ada lagi rasa ketakutan n deg2an saat mencegat bis.


Dari sini aku belajar, bahwa berdoa seharusnya bukan untuk menyakiti orang lain atau permohonan balas dendam. 

Tapi berdoa adalah jalan memohon kebaikan. 

Dan karena Allah itu maha pengasih dan maha penyayang, tentu Allah juga akan menyukai doa yang penuh kasih dan rasa sayang, bukan doa dengan penuh kebencian.

And finally, ampe hari ini naik bis tetep nyaman-nyaman aja buat aku :)

0 comments:

Post a Comment