CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kan selalu kuingat ^_^

Sungguh Allah telah menjanjikan kemudahan dibalik kesulitan.

Sunday, November 20, 2011

Buah Delima, The EVE"S APPLE

Delima disebut sebagai “Si Cantik yang Membawa Keajaiban” karena manfaatnya yang menakjubkan. Karena bentuknya seperti apel, orang Perancis menyebutnya pomme-grenade yang berarti apel berbiji. Biji delima ditemukan pd situs arkeologi 5000 tahun lalu di Yerikho dan Nimrud, Israel. Tumbuhan ini menyukai tanah gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam. Delima sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan.

Berupa perdu atau pohon kecil dengan tinggi 2–5 m. Batang berkayu, ranting bersegi, percabangan banyak, lemah, berduri pada ketiak daunnya, cokelat ketika masih muda, dan hijau kotor setelah tua. Daun tunggal, bertangkai pendek, letaknya berkelompok. Helaian daun bentuknya lonjong sampai lanset, pangkal lancip, ujung tumpul, tepi rata, pertulangan menyirip, permukaan mengkilap, panjang 1–9 cm, lebar 0,5–2,5 cm, warnanya hijau.

Bagi orang Cina, buah delima dilambangkan sebagai symbol rezeki yang berlimpah. Pada pengobatan traditional India, delima dikenal sebagai “Ayurveda” yang artinya buah yang memberikan efek mendinginkan. Dalam 100gr delima mengandung , kalium 259 mg/gr, energi 63 kal, dan 30 mg vitamin C dan K. Delima memiliki sejuta manfaat, karena kandungan zat-zat bermanfaat yang ada pada buahnya, yaitu :
  •  Ion kalium (potassium)
  • Vitamin a, c, e , serta asam folic
  • Flavonoid, yaitu salah satu antioksidan kuat yang bermanfaat menangkal radikal bebas, memperbaiki sel tubuh yang rusak, dan melindungi tubuh dari penyakit jantung, kolesterol, kanker kulit, dan prostat,
Mengkonsumsi buah delima secara rutin dipercaya dapat meredakan penyakit paling mematikan pria ke 3 di dunia yaitu kanker prostat. Minum jus delima secara teratur dapat menghambat perkembangan sel – sel kanker prostat. Selain menjauhkan dari kanker prostat, berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari buah delima / Pomme-grenade

 mengatasi stress,
 menghindarkan dari oksidasi LDL/kolesterol jahat dalam tubuh
 mampu mencegah dan melawan sakit jantung
 melancarkan peredaran darah
 berkumur dengan jus pome, bisa menghindarkan berkembangnya plak gigi.

0 comments:

Post a Comment